Saturday, June 16, 2012

Duet Andy Carroll, Danny Welbeck Tekuk Swedia


Inggris berhasil meraih kemenangan pertama atas Swedia di kompetisi resmi, dan membuat negeri Skandinavia itu gagal melaju ke perempat-final.


Swedia dipastikan keluar dari Euro 2012 secara dramatis, saat menelan kekalahan pertama dari delapan pertandingan lawan Inggris di kompetisi resmi, meskipun sempat bangkit dari keunggulan untuk memimpin di babak kedua.

Inggris menguasai babak pertama dan layak mendapatkan gol Andy Carroll, yang kali ini dipercaya pelatih Inggris Roy Hodgson untuk tampil sejak awal untuk berpasangan dengan Danny Welbeck, pada menit ke-23 setelah menerima umpan silang akurat Steven Gerrard.

Namun Swedia bangkit di 15 menit pertama babak kedua saat Inggris tertidur, dan Olof Mellberg memanfaatkan dua kesalahan Glen Johnson, yang salah satunya berakhir dengan gol bunuh diri, untuk menciptakan jumlah gol sama dari situasi bola mati.

Untungnya, Inggris bisa keluar dari lubang jarum, dan gol pemain pengganti Theo Walcott lima menit setelah gol kedua Mellberg dan ditambah oleh Welbeck 12 menit sebelum bubaran memastikan tiga angka bagi Inggris.

Inggris pun hanya perlu satu angka saat melawan tuan rumah Ukraina, di mana striker Wayne Rooney sudah bisa kembali dari masa hukuman, untuk lolos ke perempat-final, sementara Swedia gagal maju ke delapan besar.

Babak Pertama:

Scott Parker memperoleh peluang pertama Inggris, ketika menguji kiper Swedia Andres Isaksson dengan tendangan jarak jauhnya pada menit ketujuh.

Kiper Inggris Joe Hart juga mendapat ujian yang sama empat menit berselang, dan Sebastian Larsson menjadi penguji, tetapi tendangannya tepat ke pelukan kiper Manchester City itu.

Zlatan Ibrahimovic juga menggunakan cara yang sama saat mencoba untuk membuka skor pada menit ke-20, tetapi Hart cukup sigap untuk mengantisipasi ancaman striker AC Milan itu.

Andy Carroll akhirnya membayar kepercayaan pelatih Roy Hodgson untuk memasangnya sejak menit pertama, ketika umpan silang rekannya di Liverpool Steven Gerrard dari sayap kanan mengarah dengan sempurna bagi Carroll untuk menghindari pengawalan Andreas Granqvist dan sundulan kerasnya pun tak mampu dijangkau Isaksson pada menit ke-23.

Gawang Hart lagi-lagi diancam Ibrahimovic pada menit ke-33, dan aksi individu serta tendangan jarak jauhnya belum mampu menembus gawang Inggris meski sempat dibelokkan pertahanan Inggris.

Tiga menit kemudian, Ashley Young hampir menambah keunggulan Inggris, saat kerjasamanya dengan Ashley Cole berhasil membuat sayap Manchester United itu lepas dari jebakan off-side, tetapi Young kurang tenang dan sepakannya berakhir di sisi jala gawang yang salah.

Keunggulan satu gol Inggris pun bertahan hingga jeda.

Babak Kedua
Keunggulan saat jeda itu membuat the Three Lions tertidur.

Baru babak kedua berjalan empat menit, Carroll melakukan pelanggaran tak perlu, dan tendangan bebas Ibrahimovic berbuah manis akibat kesalahan Glen Johnson yang membuat Olof Mellberg berada dalam posisi on-side.

Hart hanya mampu menepis tendangan Mellberg dan bola membentur badan Johnson sebelum masuk ke gawang, skor pun imbang 1-1.

Swedia pun mengurung Inggris dan sepuluh menit kemudian, pelanggaran James Milner bukan hanya berbuah kartu kuning bagi gelandang Inggris itu, tetapi tendangan bebas Larsson mengarah tepat ke kepala Mellberg, yang lepas dari penjagaan Johnson, dan Hart pun tak mampu berbuat banyak untuk mencegah gol kedua Swedia.

Ketinggalan satu gol membuat pelatih Roy Hodgson menarik keluar Milner dan memasukkan Theo Walcott pada menit ke-61.

John Terry hampir menyamakan kedudukan saat memanfaatkan umpan silang akurat Johnson, tetapi sundulannya masih mampu ditepis Isaksson.

Dan dari situasi tendangan penjuru Young pada menit ke-63 itu, bola gagal disapu dengan sempurna, dan Walcott melepaskan tendangan jarak jauh yang arahnya salah diantisipasi Isaksson.

Di menit ke-76, Inggris kembali memberikan ruang gerak bagi Ibrahimovic untuk melepaskan tendangan jarak jauh, beruntung Hart cukup siaga untuk menghalau bola.

Dua menit berselang, Inggris mengembalikan keunggulan, saat terobosan Walcott di kotak penalti berakhir dengan umpan pendek ke Danny Welbeck di tiang dekat, dan striker Manchester United itu dengan cermat menggunakan tumitnya untuk memaksa Isaksson memungut bola ketiga kalinya.
Pada waktu tambahan, hampir saja Inggris menambah keunggulan dari serangan balik. Tetapi umpan akurat Walcott gagal dimanfaatkan kapten Gerrard berkat kecemerlangan Isaksson.

Wasit Damir Skomina pun meniup peluit panjang yang sekaligus memastikan Swedia gagal lolos ke perempat-final.

Susunan Pemain:

Swedia (4-4-1-1): Isaksson, Granqvist, Mellberg, J Olsson, M Olsson, Larsson, Svensson, Kallstrom, Elm, Ibrahimovic (c), Elmander

Cadangan: Wiland, Hansson, Lustig, Antonsson, Safari, Wernbloom, Holmen, Bajrami, Wilhelmsson, Hysen, Toivonen, Rosenberg

Inggris (4-4-2): Hart, Johnson, Terry, Lescott, Cole, Milner, Gerrard (c), Parker, Young, Welbeck, Carroll. 

Cadangan: Green, Butland, Defoe, Jagielka, Jones, Kelly, Henderson, Walcott, Baines, Downing, Oxlade-Chamberlain

Related Posts by Categories

No comments:

Post a Comment