Wednesday, June 13, 2012

Kejutan, Denmark Bungkam Dominasi Belanda

Kejutan terjadi di laga pembuka Grup B di mana Denmark sukses mempermalukan tim favorit Belanda 1-0

Denmark secara mengejutkan mempermalukan tim favorit Belanda pada laga pembuka penyisihan Grup B Euro 2012. Berlaga di Stadion Metalist, anak-anak asuh Morten Olsen memetik kemenangan tipis 1-0 atas skuat Oranje.

Skuat besutan Bert van Marwijk sebenarnya bermain cukup bagus pada pertandingan kali ini, di mana para pemain bintang mereka menampilkan skill menawan. Akan tetapi, serangan-serangan yang dikerahkan Belanda tidak cukup efektif untuk menaklukkan Tim Dinamit.


Sebaliknya, kendati terus dibombardir oleh armada Oranje dan jarang menguasai bola, serangan kubu Denmark sangat efektif. Terbukti, Michael Krohn-Dehli berhasil mengejutkan Belanda di pertengahan babak pertama ketika tendangannya tidak mampu diantisipasi Maarten Stekelenburg.

Cuplikan goal Belanda Vs Denmark




Cuplikan gol Belanda vs Denmark, Sabtu, 9 Juni 2012, pukul 23.00 WIB, Oblasny Sport Komplex Metalist, Kharkiv.
Belanda harus pasrah ditaklukan oleh Denmark, dengan skor tipis 0-1, di pertandingan pertama Grup B, Euro 2012.
Gol kemenangan Denmark dalam laga ini diciptakan melalui gol semata wayang dari Michael Krohn-Dehli dimenit ke-24.
Denmark memimpin di klasemen sementara Grup B, dengan perolehan 3 poin.


Baca selengkapnya: http://www.sundul.com/video/cuplikan-gol-belanda-0-1-denmark-euro-2012/#ixzz1xcBf7skc
 

Babak Pertama

Belanda dan Denmark sedikit berhati-hati ketika wasit Damir Skomina membunyikan peluit tanda dimulainya pertandingan. Meski begitu, kedua tim saling mengancam gawang masing-masing lewat sejumlah peluang awal.

Denmark terlebih dulu menguji ketangguhan Maarten Stekelenburg di bawah mistar gawang ketika Daniel Agger menyambut tendangan bebas dengan tandukan kepalanya. Meski arah tandukannya cukup akurat, namun bola masih bisa ditangkap dengan mudah oleh Stekelenburg.

Sementara, Jetro Willems (18) yang menjadi pemain termuda di ajang Piala Eropa, sempat mencuatkan asa pendukung skuat Oranje lewat tendangan kerasnya dari luar kotak, setelah menerima bola hasil kerja sama Gregory van der Wiel dan Arjen Robben. Sayang, tendangannya belum menemui target.

Bomber Arsenal Robin van Persie juga memperoleh peluang ketika bola hasil umpan silang Robben jatuh di kakinya saat berada di depan gawang. Namun, tendangan van Persie masih melebar di sisi gawang yang dikawal Stephan Andersen.

Dominasi anak-0anak asuh Bert van Marwijk kian terasa seiring berjalannya pertandingan. Gawang Andersen beberapa kali mendapat ancaman dari serangan para punggawa Oranje, termasuk Ibrahim Affelay dan Wesley Sneijder.

Ketika laga memasuki menit 17, kerja sama Robben dan van Persie nyaris membuahkan gol. Akan tetapi, Robben yang sudah berhasil melakukan penetrasi ke dalam kotak memilih mengoper bola kepada rekannya di tengah kotak penalti. Bola berhasil dibendung oleh pemain belakang Denmark, meski sempat berpotensi menjadi gol bunuh diri.

Kendati armada Oranje mendominasi jalannya babak pertama, mereka justru dikejutkan oleh serangan Tim Dinamit Denmark yang berhasil menjebol gawang Stekelenburg di menit 24. Adalah Michael Krohn-Dehli yang tampil sebagai pahlawan Denmark lewat pergerakannya menyambut umpan Simon Poulsen di sisi kiri gawang. Krohn-Dehli berhasil lolos dari penjagaan dan melepaskan tendangan yang gagal diantisipasi oleh Stekelenburg. 1-0 untuk Denmark.

Denmark berpeluang menambah keunggulan ketika Nicklas Bendtner berhasil melewati pengawalan lini belakang Belanda dan merangsek ke kotak penalti. Beruntung bagi Belanda, striker Sunderland kesulitan mengontrol bola sehingga pergerakannya belum cukup untuk memaksa Stekelenburg kembali memungut bola dari gawangnya.

Tidak lama berselang, Robben memperoleh kesempatan untuk menyamakan kedudukan bagi armada Oranje. Berawal dari blunder Andersen, bola operan kiper 30 tahun meluncur ke kaki Robben yang segera melepaskan tendangan ke gawang. Sial bagi winger Bayern Munich, tendangannya masih membentur tiang gawang.

Beberapa menit menjelang akhir babak pertama, Van Persie melewatkan peluang emas ketika menerima umpan Robben ke kotak penalti. Kendati berhasil memaksa Andersen maju dari penjagaannya, tendangan van Persie masih membentur tubuh bagian belakang kiper Evian TG dan bola menjauh dari gawang. Alhasil, keunggulan 1-0 bagi Denmark tidak berubah.

Babak Kedua

Seperti halnya babak pertama, Belanda langsung mendominasi jalannya pertandingan di awal babak kedua. Meski begitu, ketatnya penjagaan Denmark membuat serangan-serangan Mark van Bommel dkk belum cukup efektif.

Sneijder dan Robben tampil mengancam ketika penetrasi mereka ke kotak cukup menyulitkan lini belakang Denmark. Namun, penyelesaiannya tidak mampu mengoyak gawang Andersen.

Van Persie kembali menyia-nyiakan peluang emas bagi Oranje di menit 49 ketika dirinya menerima umpan terobosan cantik dari Sneijder. Berhasil membawa bola ke depan gawang, kapten Arsenal terpeleset sehingga gagal menyelesaikan serangan tersebut.

Tidak lama berselang, kerja sama Sneijder dan van Persie kembali menguji pertahanan Denmark. Kali ini, van Persie berhasil menjangkau bola dan melepaskan tendangan ke gawang Andersen. Sayangnya, tendangan van Persie masih terlalu lemah sehingga dengan mudah diamankan oleh Andersen.

Ketangguhan Andersen kembali diuji ketika kapten Mark van Bommel melepaskan tendangan kencang dari luar kotak. Namun, pelatih Morten Olsen bisa bernapas lega, karena Andersen berhasil menepis bola dan menjaga keunggulan Denmark.

Ketika laga memasuki akhir menit ke-50, van Marwijk tampaknya sudah kehilangan kesabaran menyaksikan kemandulan para penyerangnya. Di tepi lapangan, Rafael van der Vaart dan Klaas-Jan Huntelaar terlihat tengah melakukan pemanasan dan bersiap diturunkan.

Kubu Belanda terus menebar ancaman ke lini pertahanan Denmark. Salah satunya melalui kerja sama Sneijder dan Robben di menit 63. Playmaker FC Internazionale melepaskan umpan cantik kepada Robben yang berada di depan gawang. Robben pun menyambar bola dengan kepalanya. Namun, arah bola masih melebar di sisi gawang.

Meski jarang mendapat peluang, Denmark toh bukannya berhenti menebar ancaman ke gawang Stekelenburg. Krohn-Dehli kembali berpeluang menjebol gawang Stekelenburg di menit 70. Namun, Stekelenburg melakukan penyelamatan gemilang.

Sementara itu, van Marwijk akhirnya menurunkan van der Vaart dan Huntelaar untuk menggantikan Nigel de Jong dan Ibrahim Afellay. Sedangkan Denmark pun melakukan pergantian pemain dengan menarik mundur Christian Eriksen dan menurunkan Lasse Schone.

Peluang emas bagi Belanda datang di menit 74 ketika Huntelaar menerima umpan brilian dari Sneijder di tengah lapangan. Topskor Bundesliga itu terlihat berbahaya ketika dirinya berhasil merangsek ke depan gawang Andersen. Namun, Andersen segera mengantisipasi dengan melemparkan dirinya untuk mengamankan bola. Van Persie mencoba membantu dan menyambar bola yang nyaris terlepas dari Andersen. Sayang, upaya van Persie maupun Huntelaar belum mampu membawa Oranje memecah kebuntuan.

Hingga tujuh menit sebelum laga berakhir, Belanda belum menemukan formula yang pas untuk menjebol gawang Andersen. Van Marwijk pun melakukan pergantian pemain terakhir dengan memasukkan Dirk Kuyt untuk menggantikan van der Wiel.

Sayangnya, hingga tambahan waktu lima menit yang diberikan oleh wasit, Belanda urung membongkar pertahanan Denmark. Kemenangan 1-0 membawa Denmark sementara memimpin klasemen Grup B.

Ikuti jalannya pertandingan Belanda vs. Denmark secara LIVE di GOAL.com Indonesia.
Susunan Pemain:

Belanda (4-2-3-1): Stekelenburg; Van der Wiel, Heitinga, Vlaar, Willems; De Jong, Van Bommel; Robben, Sneijder, Afellay; Van Persie

Cadangan: Vorm, Krul, Mathijsen, Bouma, Boulahrouz, Schaars, Strootman, Van der Vaart, Kuyt, Huntelaar, L De Jong, Narsingh

Denmark (4-2-3-1): Andersen; Jacobsen, Agger, Kjaer, S. Poulsen; Jorgensen, Eriksen, Zimling; Rommedahl, Bendtner, Krohn-Dehli

Cadangan: Lindegaard, Schmeichel, Bjelland, Okore, Wass, C Poulsen, Schone, Silberbauer, J Poulsen, Kahlenberg, Pedersen, Mikkelsen



Belanda

24
2.5
5
1.5
4
2.5
43
3.0
4
Mark van Bommel
Gelandang
66′
2.5
34
Nigel De Jong
Gelandang
71′
2.0
10
Wesley Sneijder
Gelandang
3.0
10
Arjen Robben
Striker
2.5
20
3.0
10
2.0

Denmark

3.0
-
4.0
44
3.5
5
2.0
15
3.0
2
3.0
8
2.5
8
2.5
6
Niki Zimling
Gelandang
4.0
28
2.0
19
3.0
52

Cadangan

1
-
26
Tim Krul
Kiper
-
14
-
3
-
8
-
6
Kevin Strootman
Gelandang
-
11
2.5
18
Dirk Kuyt
Striker
85′
-
25
2.5
9
Luuk de Jong
Striker
-
24
-

Cadangan

-
34
-
-
-
-
-
28
2.5
10
Lasse Schöne
Gelandang
74′
-
-
-
14
Jakob Poulsen
Gelandang
-
8
-
14

Pelatih/Manajer

-
-

Pelatih/Manajer

-
-
Morten Olsen
Pelatih
 
  •  Gol
  •  Gol Bunuh Diri
  •  Penalti
  •  Penalti Gagal
  •  Kartu Kuning
  •  Assist
  •  Penyelamatan Penalti
  •  Gol Adu Penalti
  •  Adu Penalti Gagal
  •  Kartu Kuning Kedua
  •  Kartu Merah
  •  Pergantian MASUK
  •  Pergantian KELUAR
  •  Cedera
  •  Penilaian GOAL.com
  •  Terbaik Versi GOAL.com
  •  Terburuk Versi GOAL.com
  •  Ranking Global Terbaik & Terburuk
  •  Terbaik Versi Fans
  •  Terburuk Versi Fans

Sumber : http://www.goal.com/id-ID/match/71168/belanda-vs-denmark/report

Related Posts by Categories

No comments:

Post a Comment