Wednesday, June 13, 2012

Pukul Irlandia, Kroasia Pimpin Grup C


Kroasia sukses memuncaki Grup C setelah mengalahkan Irlandia 3-1 dan di laga sebelumnya Spanyol dan Italia hanya mampu berbagi poin satu.

Jelavic, Given, Ireland vs Croatia
Getty

Kroasia gemilang. Di saat Spanyol dan Italia hanya bisa berbagi angka setelah bermain seri 1-1, pasukan Slaven Bilic melaju mulus meraup poin sempurna dengan melibas Irlandia 3-1, Senin (11/6) dini hari WIB, dalam laga kedua di Grup C Euro 2012.

Babak pertama

Dengan penuh percaya diri, Kroasia langsung mendobrak pertahanan Irlandia di awal-awal paruh pertama. Hasilnya, pertandingan baru berusia dua menit, gawang Irlandia sudah dibobol oleh Mario Mandzukic. 

Gol bermula ketika Darijo Srna mengirimkan umpan silang di sisi kanan kepada Mandzukic. Sang gelandang yang tak mendapatkan kawalan ketat menanduk bola dan gol. 

Irlandia pun tak bergeming. Pada menit kesepuluh, momentum memihak ke mereka. Mendapatkan sebuah sepakan bebas di tepi kotak penalti Kroasia, Keith Andrews gagal menjalankan tugasnya dengan baik, sepakannya terlalu datar dan menabrak benteng pagar tim lawan, bola rebound kembali diraihnya, namun upaya kedua melalui sepakan volinya juga masih melenceng.

Akan tetapi, delapan menit kemudian dari situasi yang sama, Irlandia pun akhirnya mampu membalas dan menyeimbangkan kedudukan. Sundulan Sean St Ledger memanfaatkan umpan free-kick dari Aiden McGeady tak kuasa diredam kiper Stipe Pletikosa.

Tersentak, Kroasia coba kembali membangun serangan dan peluang didapatkan pada menit ke-20 melalui tendangan Ivan Perisic dari luar kotak penalti. Sayang, kiper Given sigap menghalau bola dengan sempurna.

Irlandia mendapatkan tendangan bebas persis seperti terjadinya gol pertama tadi. Dari sisi kiri, McGeady melayangkan bola ke mulut gawang, namun gagal dioptimalkan oleh Stephen Ward. Ia tak dapat menjangkau laju bola. Peluang pun terbuang sia-sia.

Kedua tim terus saling jual beli serangan. Kali ini giliran Luka Modric mencoba peruntungannya dengan melepaskan tendangan jarak jauh. Melihat ada celah, gelandang Tottenham Hotspur ini langsung menembakkan bola, tetapi sepakannya masih dapat didekap dengan baik oleh Given.

Dua menit sebelum turun minum, Kroasia memperlebar jakar melalui Jelavic. Sepakannya dari jarak enam meter tak mampu dibendung Given. Skor 2-1 untuk Kroasia bertahan sampai peluit babak pertama rampung.

Babak kedua 

Memasuki interval kedua, Kroasia semakin di atas angin. Mandzukic kembali mencatatkan namanya di papan skor. Baru tiga menit setelah wasit meniup kick-off paruh kedua, Kroasia langsung tancap gas. Tandukan Mandzukic mengarah ke pojok gawang Irlandia setelah sebelumnya bola mengenai tiang, lalu membentur badan Given sendiri.

Dalam keadaan tertinggal defisit dua gol, Irlandia terus berusaha untuk setidaknya memperkecil keadaan. Pada menit ke-66, Dunne mendapatkan bola hasil umpan tendangan bebas dari Duff. Sayang, sundulan Dunne terlalu lemah dan mudah saja ditangkap kiper Pletikosa.

Di menit ke-77, Ivan Rakitic nyaris membuat pertandingan bak berakhir andai tendangan melengkungnya dari lura kotak penalti mengarah tepat ke gawang Given. Sayangnya, sepakan Rakitic menyamping tipis di sisi kanan gawang sang kiper.

Andrews mendapatkan dua kali kans bagus pada menit ke-80. Yang pertama, sundulannya terlalu pelan setelah menerima crossing dari Duff, padahal posisi Andrews cukup baik untuk mencetak gol. Lalu peluang kedua via tendangan dari jarak 25 meter, namun melebar.

Andrews lagi dan lagi membuang kesempatan. Setelah mendapatkan servis manis dari Duff, dia berhasil menanduk bola secara meyakinkan, akan tetapi upaya Andrews hanya melambung tinggi, dan papan skor belum berubah. 

Sepertinya laga ini memang bukan malamnya Andrews. Di masa tambahan waktu, sebuah kans emas kembali diperolehnya via sundulan. Namun sayang, sekali lagi tandukan Andrews masih belum dinaungi dewi fortuna, hanya melebar tipis. Pun dengan tembakan kerasnya sejurus kemudian yang juga melenceng.

Peluang terakhir itu pun mengantarkan tiga poin penting bagi Kroasia di laga pertama mereka.

Susunan pemain
Irlandia: Given; Ward, Dunne, Ledger, O'Shea; Duff, Andrews, Whelan, McGeady; Doyle, Keane. Subs: Hunt, Kelly, Walters, Long, O'Dea, Cox, Westwood, Green, Forde, McShane, Gibson, McClean.
Kroasia: Srna, Corluka, Schildenfeld, Strinic; Vukojevic, Rakitic, Perisic, Modric, Mandzukic, Jelavic. Subs: Simunic, Kranjcar, Pranjic, Dujmovic, Eduardo, Buljat, Kalinic, Kelava, Subasic, Badelj, Vida, Vrsaljko.


Irlandia

1
1.0
12
3.0
11
1.0
16
1.0
5
2.5
6
Glenn Whelan
Gelandang
1.5
64
Aiden McGeady
Gelandang
19′ 54′
1.0
17
Keith Andrews
Gelandang
46′
2.0
16
Damien Duff
Gelandang
2.0
29
Kevin Doyle
Striker
53′
2.0
10
Robbie Keane
Striker
75′
1.5

Kroasia

3.0
-
2.5
17
2.5
14
3.0
33
2.5
11
Ivan Rakitic
Gelandang
92′
3.5
5
4.0
14
Luka Modric
Gelandang
53′
3.5
14
Ivan Perisic
Gelandang
48′ 89′
3.0
18
Nikica Jelavic
Striker
43′ 72′
4.0
18
Mario Mandzukic
Gelandang
3′ 48′

Cadangan

20
-
1
-
2
-
5
-
48
-
28
Darron Gibson
Gelandang
-
12
Stephen Hunt
Gelandang
-
4
Paul Green
Gelandang
-
23
James McClean
Gelandang
-
19
2.5
9
Shane Long
Striker
75′
-
31
Simon Cox
Striker
54′
1.5

Cadangan

-
30
-
1
-
4
-
3
-
24
-
23
-
16
Milan Badelj
Gelandang
-
14
-
15
2.0
21
Niko Kranjcar
Gelandang
72′ 84′
-
-
-
11
Eduardo
Striker
89′

Pelatih/Manajer

-
-

Pelatih/Manajer

-
-
Slaven Bilic
Pelatih
 
  •  Gol
  •  Gol Bunuh Diri
  •  Penalti
  •  Penalti Gagal
  •  Kartu Kuning
  •  Assist
  •  Penyelamatan Penalti
  •  Gol Adu Penalti
  •  Adu Penalti Gagal
  •  Kartu Kuning Kedua
  •  Kartu Merah
  •  Pergantian MASUK
  •  Pergantian KELUAR
  •  Cedera
  •  Penilaian GOAL.com
  •  Terbaik Versi GOAL.com
  •  Terburuk Versi GOAL.com
  •  Ranking Global Terbaik & Terburuk
  •  Terbaik Versi Fans
  •  Terburuk Versi Fans

Sumber : http://www.goal.com/id-ID/match/71175/irlandia-vs-kroasia/report

Related Posts by Categories

No comments:

Post a Comment