Tuesday, June 12, 2012

Fakta-Fakta Unik Seputar EURO 2012



Perhelatan sepak bola terakbar di Benua Biru, EURO 2012, telah digulirkan di Polandia dan Ukraina. Tak pelak, ini akan menjadi tontonan paling spektakuler warga dunia bulan ini. Selain persiapan tim dan analisa strategi, Mungkin tak banyak yang tahu bahwa Euro 2012 menyajikan fakta-fakta menarik yang layak untuk diketahui. 

Berikut adalah rangkuman fakta-fakta menarik seputar Piala Eropa 2012:

EURO Pertama di Eropa Timur

Sejak pertama kali digelar pada tahun 1960, EURO selalu diselenggarakan di negara-negara Eropa Barat, seperti Prancis, Spanyol, Italia, Belgia, Yugoslavia, Jerman, Swedia, Inggris, Belanda dan Portugal. Namun, tahun ini, untuk pertama kalinya EURO diselenggarakan di negara Eropa Timur, yakni Polandia dan Ukraina.

EURO Terakhir dengan 16 Negara Peserta

Tahun ini adalah untuk terakhir kalinya Euro melibatkan 16 negara peserta. Empat tahun ke depan, yakni Euro 2016 dimana Perancis menjadi Tuan Rumah, 24 negara yang diundang sebagai peserta. Jadi, tentunya waktunya akan lebih lama dan tentunya persaingannya lebih sengit.

Warsawa jadi Tempat 'Nonton Bareng' Terbesar di Dunia
Salah satu cara menonton yang menarik, selain menonton di stadion, adalah menonton bareng (nobar). Di Polandia, ada satu kota bernama Warsawa yang akan menjadi tempat nobar terbesar, dengan kapasitas tampungan hingga 100.000 orang.

EURO dengan Pemain Paling Banyak Cidera

Total 59 pemain yang terpaksa batal ikut Piala Eropa 2012 karena cedera. Jumlah ini adalah yang paling banyak sepanjang sejarah Piala Eropa.

Pelatih Tertua dan Termuda di UERO 2012
Pelatih tertua adalah pelatih Irlandia, Giovanni Trapattoni, yang berusia 73 tahun. Yang termuda adalah Paulo Bento, pelatih Portugal, 42 tahun.

Pemain Tertua dan Termuda di EURO 2012

Pemain tertua di turnamen ini adalah Kostas Chalkias (Yunani-38 tahun). Yang termuda adalah Jetro Willems (Belanda-18 tahun).

Pemain ini Tidak Memiliki Klub Resmi

Markus Rosenberg (Swedia) dan Paul Green (Irlandia) adalah dua pemain yang statusnya saat ini bebas klub atau belum memiliki klub resmi.

Stadion Terbesar & Terkecil EURO 2012 ada di Ukraina

National Sports Complex “Olympic” di Kyiv atau Kiev, Ukraina, merupakan stadion terbesar untuk EURO kali ini. Stadion ini mampu menampung 70.000 penonton. Adapun standion terkecil yang akan digunakan dalam ajang Euro 2012, juga ada di Ukraina, yaitu Kota Lviv. Stadion itu hanya memiliki kapasitas 34.000 orang.

Di Afsel Ada "Vuvuzela", di EURO 2012 Ada "Zozulitsa"

Salah satu tema pembicaraan saat Piala Dunia 2010 lalu adalah kontroversi keberadaan "Vuvuzela", yakni semacam terompet khas Afrika yang digunakan untuk mendukung tim yang sedang bertanding. Menjadi kontroversi karena suaranya yang melingking dirasa mengganggu konsentrasi pemain. Dan, tahukah Anda bahwa di EURO kali ini juga memiliki peluit khas untuk mendukung tim yang sedang berlaga, yakni "Zozulitsa". Tapi, peluit ini bersuara lebih dalam dan enak didengar, tidak melengking tinggi seperti Vuvuzela.

BONUS:

Ternyata sejak pertama kali digelar pada tahun 1960, ini untuk yang pertama kalinya Ukraina ikut serta dalam Piala Eropa.



Read more: http://www.atjehcyber.net/2012/06/fakta-fakta-unik-seputar-euro-2012.html#ixzz1xZPcydTG
 

Related Posts by Categories

No comments:

Post a Comment