Friday, June 15, 2012

Tendangan Bebas Andrea Pirlo Gagal Menangkan Italia


Italia dan Kroasia harus puas berbagi poin setelah bermain imbang 1-1 di Stadion Miejski.

Memimpin lebih dahulu di paruh pertama, timnas Italia pada akhirnya harus puas dengan hasil imbang 1-1 kala berhadapan dengan Kroasia di partai kedua Grup C Euro 2012 di Stadion Miejski, Poznan, Kamis (14/6).

Sepakan bebas indah khas Andrea Pirlo membuka skor untuk Gli Azzurri besutan Cesare Prandelli sebelum gol ketiga Mario Mandzukic di pentas Euro 2012 menyelamatkan satu poin buat Vatreni pimpinan Slaven Bilic.

Andrea Pirlo's free kick in Italy-Croatia
Getty

Hasil ini membuat Kroasia masih nyaman memimpin Grup C dengan koleksi empat angka dan punya peluang cukup besar untuk melaju ke perempat-final meski di laga terakhir mesti menghadapi juara bertahan Spanyol.

Sementara Italia untuk sementara menduduki peringkat kedua -- sebelum Spanyol bersua Republik Irlandia -- dengan tabungan dua angka dalam dua pertandingan. La Nazionalewajib memenangi partai pamungkas versus Irlandia untuk mewujudkan harapan menuju delapan besar, kendati peluang mereka mungkin saja harus bergantung pada hasil pertandingan lain.

Babak Pertama

Italia sudah mendapat peluang ketika laga baru menginjak menit ketiga. Mendapat umpan dari Emanuele Giaccherini, Mario Balotelli melepaskan tembakan kaki kiri, tetapi upayanya berakhir di samping gawang Stipe Pletikosa.

Delapan menit berselang, kembali Gli Azzurri menghadirkan ancaman, kali ini melalui sepakan Claudio Marchisio dari luar kotak penalti, namun masih gagal berbuah gol. Percobaan gelandang Juventus ini melayang tipis di atas mistar.

Balotelli mendapat kans lagi di seperempat jam laga. Setelah memperoleh sodoran dari Antonio Cassano, penyerang Manchester City itu melancarkan tendangan akurat yang sayangnya mengarah tepat kepada Pletikosa sehingga mudah ditangkal sang kiper Kroasia.

Sering berada dalam tekanan, Vatreni nyaris mencuri gol andai Nikica Jelavic bisa menyontek crossing matang Darijo Srna di menit ke-19. Beruntung buat Italia, Gianluigi Buffon bereaksi cepat meredam bahaya.

Lebih mendominasi alur serangan, dua peluang berurutan menghampiri kubu Italia di menit ke-32 dan 33, tapi peluang melalui Cassano serta Balotelli tersebut seluruhnya gagal menemui target.

Tak lama kemudian, giliran Marchisio yang harus rela melihat sepasang kans emasnya berakhir sia-sia. Sepakan pertamanya di dalam kotak penalti diblok Pletikosa. Bolarebound dihantam lagi oleh Marchisio, namun kembali mentah di hadapan Pletikosa.

Bagaimanapun, gawang Kroasia toh akhirnya bergetar juga pada menit ke-39. Adalah eksekusi tendangan bebas indah Andrea Pirlo yang muncul sebagai pemecah kebuntuan skor dan mengantar La Nazionale memimpin 1-0. Dari tepi kotak penalti Vatreni, metronom Juventus itu melancarkan free-kick melengkung yang tak terjangkau Pletikosa.

Babak Kedua

Harus mengejar ketertinggalan, Kroasia langsung menggeber serangan usai turun minum. Kesempatan segera didapatkan lewat tendangan Luka Modric, tapi belum terlalu menyulitkan Buffon.

Sesaat berselang, kembali gelandang Tottenham Hotspur itu berusaha membobol gawang Buffon dari luar kotak penalti, namun tembakannya kali ini sedikit terlalu tinggi.
Pada menit ke-50, ganti sepakan kencang Balotelli di kubu Italia yang melayang tipis di atas mistar.

Selanjutnya, Kroasia tampak lebih memegang kendali permainan pada babak kedua. Italia pun terpaksa banyak berkonsentrasi di lini belakang dan hanya mengandalkan serangan-serangan balik.

Hingga akhirnya, pada menit ke-72, Vatreni sukses menyetarakan angka lewat tendangan Mario Mandzukic setelah menerima umpan silang kiriman full-back kiri Ivan Strinic. Ini adalah gol ketiga Mandzukic di Euro 2012. Sayang, striker VfL Wolsburg ini mesti ditarik pada injury time setelah terlihat mengerang kesakitan. Pelatih Bilic pastinya berharap tak ada masalah serius yang menimpa bomber andalannya itu.

Setelah laga sempat terganggu sejenak akibat asap dari kembang api yang disulut fans, Italia mendapat kans untuk kembali memimpin melalui tendangan Riccardo Montolivo -- turun menggantikan Thiago Motta di menit ke-63, namun percobaannya dapat diantisipasi Pletikosa.

Memasuki pengujung pertandingan, permainan berjalan semakin terbuka dengan kedua tim silih berganti memberikan ancaman kepada sang lawan. Namun, hingga peluit panjang berbunyi, Italia maupun Kroasia tak mampu mencetak gol kemenangan dan mesti puas berbagi satu poin.

Susunan pemain:


Italia (3-5-2): Buffon; Bonucci, De Rossi, Chiellini; Maggio, Marchisio, Pirlo, Thiago Motta (Montolivo 63'), Giaccherini; Cassano (Giovinco 83'), Balotelli (Di Natale 70').
Cadangan tak bermain: Sirigu, De Sanctis; Ogbonna, Balzaretti, Abate, Barzagli, Borini, Diamanti, Nocerino.

Kroasia (4-4-2): Pletikosa; Srna, Corluka, Schildenfeld, Strinic; Rakitic, Vukojevic, Modric, Perisic (Pranjic 68'); Jelavic (Eduardo 83'), Mandzukic (Kranjcar 90+4').
Cadangan tak bermain: Kelava, Subasic; Simunic, Buljat, Badelj, Vrsaljko, Dujmovic, Kalinic, Vid

Related Posts by Categories

No comments:

Post a Comment