Wednesday, June 13, 2012

Spanyol Selamat Dari Terkaman Italia


Italia tampil gigih setelah berhasil memaksa Spanyol bermain imbang 1-1 pada laga pertama Grup C Euro 2012, Minggu (10/6) malam.

Spanyol dipaksa berbagi poin setelah ditahan imbang Italia 1-1 pada laga pertama Grup C Euro 2012, Minggu (10/6) malam.

Spanyol tidak memainkan penyerang murni dalam formasi tim. Cesc Fabregas menjadi ujung tombak dan memainkan peran sebagai "false 9", didampingi oleh Andres Iniesta dan David Silva yang bermain bebas sebagai penunjang. Sementara, pelatih Italia Cesare Prandelli menepati prediksi dengan menerapkan formasi 3-5-2 dengan Daniele De Rossi bermain di jantung pertahanan. Emanuele Giaccherini dipercaya memulai debut dan bermain sebagai pemain sayap.

Italia mengejutkan Spanyol ketika pemain pengganti Antonio Di Natale berhasil memanfaatkan umpan Andrea Pirlo. Empat menit berselang, La Furia Roja berhasil menyamakan kedudukan setelah Fabregas meneruskan sodoran Silva untuk menaklukkan Gianluigi Buffon. Fernando Torres berpeluang menjadi pahlawan Spanyol, tapi dua peluang yang didapatnya gagal dimanfaatkan. Pertandingan yang dimainkan di stadion Arena Gdansk ini berjalan menarik dengan tensi tinggi selama 90 menit.

Cuplikan Gol Spanyol Vs Italia

Cuplikan gol Spanyol vs Italy, Minggu, 10 Juni 2012, pukul 23.00 WIB, PGE Arena Gdansk, Gdansk.
Spanyol hanya bisa meraih hasil imbang, 1-1 ketika menghadapi Italy, di pertandingan pertama Grup C, Euro 2012.
Spanyol yang tampil mendominasi sempat tertinggal terlebih dahulu dimenit ke-61, melalui gol dari Antonio Di Natale. Gol penyama kedudukan Spanyol diciptakan oleh Cesc Fabregas tiga menit kemudian.
Spanyol dan Italy memiliki perolehan poin 1 di klasemen sementara Grup C, saat ini


Baca selengkapnya: http://www.sundul.com/video/cuplikan-gol-spanyol-1-1-italy-euro-2012/#ixzz1xcEKQBj6
 

Babak Pertama

Pertandingan berjalan dengan tempo cepat sejak dimulai. Dihuni banyak pemain berkemampuan teknik tinggi, Spanyol mendominasi penguasaan bola. Silva dan Iniesta diberikan kebebasan merangsek dari lini kedua. Peluang pertama didapat pada menit kedelapan ketika Silva memperoleh sodoran dari Xavi Hernandez di dalam kotak penalti, tetapi dapat dihalau De Rossi.

Menit 12, Italia memperoleh hadiah tendangan bebas di depan kotak penalti menyusul pelanggaran Sergio Ramos terhadap Antonio Cassano. Eksekusi yang diambil Andrea Pirlo dipatahkan Iker Casillas.

Italia mulai tampil menekan dengan memanfaatkan lebar lapangan. Menit 23, Cassano memperoleh celah melepaskan tembakan menyilang meski melebar.

Serangan Spanyol dapat diantisipasi Italia dengan penampilan kompak dan penuh semangat para gelandang Italia. Semangat itu rupanya menulari Cassano yang melakukan pelanggaran terhadap Casillas saat menguasai bola di areanya sendiri. Beberapa menit berselang, Cassano melepas tembakan yang menguji kemampuan Casillas. Bola berhasil diblok dan coba dikejar Balotelli, namun tendangan bebas diberikan wasit Viktor Kassai karena Balotelli melanggar Ramos.

Tempo pertandingan yang tinggi dan permainan tanpa kompromi Italia menghidupkan permainan. Sejumlah pelanggaran pun tidak terhindarkan. Kartu kuning pertama akhirnya keluar dari saku Kassai kepada Balotelli karena pelanggaran terhadap Jordi Alba pada menit ke-37.

Setidaknya kegigihan tersebut membuat Spanyol kesulitan mendapatkan ruang untuk mencoba kemampuan Gianluigi Buffon. Dua kesempatan diperoleh Fabregas dan Iniesta di ujung babak pertama. Tendangan Fabregas diblok untuk menghasilkan sepakan pojok, sedangkan upaya Iniesta melampaui mistar gawang.

Hingga peluit jeda, belum ada gol dalam pertandingan ini. Thiago Motta mendapatkan peluang emas terakhir setelah berada dalam posisi bebas menyundul umpan silang Cassano. Beruntung Casillas dapat menangkisnya.

Babak Kedua

Tidak ada perubahan susunan pemain selepas jeda. Lima menit berjalan, Fabregas mendapat kesempatan menembak bola yang ditepis Buffon keluar lapangan. Kesempatan serupa diperoleh Silva beberapa menit berselang. Kali ini bola melebar.

Menit 53, Balotelli terlepas di rusuk kiri pertahanan Spanyol setelah merebut bola dari penguasaan Ramos. Sayang striker bengal ini terlalu lama mengambil keputusan sehingga Ramos dapat menyelamatkan bola. Empat menit kemudian, Prandelli memutuskan mengganti Balotelli dengan Antonio Di Natale.

Di Natale rupanya menjadi solusi yang dibutuhkan Italia. Empat menit bermain, penyerang Udinese ini menerima umpan terobosan Pirlo dan tanpa kesalahan melesakkan bola ke sisi tiang jauh Casillas.

Tersengat, Spanyol membalas pada menit ke-64. Fabregas menyongsong umpan terobosan Silva, hasil bertukar operan dengan Iniesta, untuk dengan mudah menaklukkan Buffon.

Situasi ini dijawab Prandelli dengan memasukkan Sebastian Giovinco dan mengganti Cassano. Sementara, pergantian pertama dilakukan Vicente Del Bosque dengan menarik Silva untuk ditukar dengan Jesus Navas.

Spanyol mampu menata ritme pertandingan setelah berhasil menyamakan kedudukan. Ketika Italia tampak mulai keletihan, kaki segar Fernando Torres dimasukkan untuk mengganti Fabregas pada menit ke-74. Baru satu menit bermain, Torres sudah mengancam setelah menyongsong sodoran Navas. Sayangnya, Torres gagal melewati Buffon dalam situasi satu lawan satu.

Menit 77, Italia memperoleh peluang emas. Giovinco memberikan umpan menyilang melewati jangkauan Gerard Pique. Namun, penyelesaian Di Natale tidak tepat sasaran meski gawang Casillas sudah di depan mata.

Pertandingan kian seru. Torres kembali nyaris menjebol gawang Buffon pada menit ke-85 ketika lagi-lagi terlepas menyongsong umpan terobosan. Melihat Buffon sudah keluar sarang, Torres mencungkil bola. Tapi, bola melambung ke atas mistar.

Tidak ada lagi peluang emas yang dihasilkan kedua tim sehingga skor 1-1 bertahan sampai Kassai meniup peluit panjang.

Susunan pemain

Spanyol (4-3-3):
Iker Casillas; Sergio Ramos, Gerard Pique, Alvaro Arbeloa, Jordi Alba; Sergio Busquets, Xabi Alonso, Xavi Hernandez; David Silva / Jesus Navas (65'), Andres Iniesta, Cesc Fabregas / Fernando Torres (74').

Italia (3-5-2)
Gianluigi Buffon; Daniele De Rossi, Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci; Claudio Marchisio, Thiago Motta, Christian Maggio / Antonio Nocerino (90'), Emanuele Giaccherini, Andrea Pirlo; Antonio Cassano / Sebastian Giovinco (65'), Mario Balotelli / Antonio Di Natale (56').

Spanyol


1
3.0
4
2.5
17
2.0
17
2.0
3
2.5
8
Andrés Iniesta
Gelandang
4.0
6
Xavi
Gelandang
3.5
4
Cesc Fàbregas
Gelandang
64′ 74′
3.5
14
Xabi Alonso
Gelandang
3.0
16
2.5
21
David Silva
Gelandang
64′ 65′
3.0

Italia

3.5
1
3.5
19
3.0
11
3.5
8
Thiago Motta
Gelandang
90′
3.0
8
2.5
24
4.0
16
3.5
21
Andrea Pirlo
Gelandang
60′
2.0
45
Mario Balotelli
Striker
37′ 56′
3.0
99

Cadangan

1
-
25
-
24
Javi Martínez
Gelandang
-
20
Juanfran
Gelandang
-
7
-
17
Pedro
Striker
-
9
Fernando Torres
Striker
74′ 84′
2.0
9
Negredo
Striker
-
10
Juan Mata
Striker
-

Cadangan

-
30
-
20
-
15
-
-
3.0
10
-
22
-
23
3.5
10
-
31
Fabio Borini
Striker

Pelatih/Manajer

-
-

Pelatih/Manajer

-
-
 
  •  Gol
  •  Gol Bunuh Diri
  •  Penalti
  •  Penalti Gagal
  •  Kartu Kuning
  •  Assist
  •  Penyelamatan Penalti
  •  Gol Adu Penalti
  •  Adu Penalti Gagal
  •  Kartu Kuning Kedua
  •  Kartu Merah
  •  Pergantian MASUK
  •  Pergantian KELUAR
  •  Cedera
  •  Penilaian GOAL.com
  •  Terbaik Versi GOAL.com
  •  Terburuk Versi GOAL.com
  •  Ranking Global Terbaik & Terburuk
  •  Terbaik Versi Fans
  •  Terburuk Versi Fans

Sumber : http://www.goal.com/id-ID/match/71174/spanyol-vs-italia/report

Related Posts by Categories

No comments:

Post a Comment